KPKU

Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU)

KPKU diadopsi dan diadaptasi dari Malcolm Balride Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) yang umumnya difahami adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan secara menyeluruh.

Tujuan utamanya adalah meningkatkan daya saing BUMN sekaligus meningkatkan profitabilitas perusahaan, menyehatkan kondisi keuangan perusahaan, dsb. Kementerian BUMN telah menetapkan bahwa Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) wajib dilaksanakan oleh seluruh BUMN. Untuk memenuhi kewajiban tersebut dan sejak tahun 2012 PT Askrindo (Persero) telah memulai dengan melakukan evaluasi kinerja berbasis Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU), namun baru sebatas pada langkah pertama penerapannya saja.

Selanjutnya untuk tahun 2016 Direksi telah memperbaharui penetapan Tim Penyusun dan Tim Penilai KPKU melalui surat keputusan Direksi nomor : 194/KEP/DIR/VIII/2016 tanggal 12 Agustus 2016, yang tugasnya antara lain : Merancang/membangun sistem kompetensi inti, Melakukan evaluasi pembenahan sistem dan metode kerja serta Melakukan penilaian atas laporan KPKU.

Hasil penilaian penerapan KPKU PT Askrindo (Persero) tahun 2016 yang dilakukan oleh Konsultan Independen adalah sebagai berikut :

 




Artikel Selanjutnya >

Copyright © 2015 Askrindo - Indonesia. All Rights Reserved