Jakarta – Perusahaan pelat merah PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) yang bergerak di lini bisnis Penanggung Risiko terus melakukan perbaikan dalam Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik. Majalah Economis Review dan IPMI International Business School memberikan dua penghargaan kepada PT Askrindo sebagai salah satu perusahaan dengan GCG terbaik di Jakarta, Rabu (26/8) siang.
 
Dua penghargaan dimaksud, yakni Peringkat I pada kategori Jasa Keuangan (Asuransi) dan menjadi salah satu nominasi dengan kategori Sangat Baik dari total 55 perusahaan yang ikut serta pada acara Indonesia Good Corporate Governance Award 2015. Antonius Chandra S Napitupulu, Direktur Utama PT Askrindo mengungkapkan penghargaan ini merupakan wujud apresiasi kepada perubahan PT Askrindo. “Transformasi nilai-nilai budaya & Tata Kelola Perusahaan telah kami lakukan sejak tahun 2011 dan penghargaan ini akan memicu kinerja Askrindo agar menjadi semakin baik kedepannya”ujar Anton.
 
Penghargaan tersebut diberikan setelah melalui penilaian tim Juri dengan mempertimbangkan sejumlah kriteria. Askrindo, sebagai perusahaan penanggung risiko yang memiliki tujuan untuk terus-menerus tumbuh dan berkembang bersama mitra kerja & UMKM, maka penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) menjadi unsur penting, mengingat risiko dan tantangan yang dihadapinya juga semakin meningkat. 
 
Penerapan Good Corporate Governance di PT Askrindo (Persero) secara konsisten dan berkelanjutan dengan berpedoman pada Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara dan Nomor : PER-09/MBU/2012 tentang perubahan atas peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-01/MBU/2011, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. : 2/POJK.05/2014 tentang Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Bagi Perusahaan Perasuransian serta Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia oleh Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), maka penerapan GCG di PT Askrindo dengan komitmen penuh melaksanakan GCG di seluruh tingkatan dan jenjang organisasi yang dituangkan pada berbagai ketentuan terkait dengan pelaksanaan GCG.
 
Skor capaian atas pelaksanaan assessment GCG PT Askrindo oleh assessor independent pada  tahun 2014 adalah sebesar 90,77 dari total nilai maksimal sebesar 100 atau setara dengan 90,78% dengan Klasifikasi Kualitas Penerapan GCG adalah “SANGAT BAIK”. Skor tersebut meningkat dibandingkan Skor capaian GCG PT Askrindo tahun 2013 adalah sebesar 87,53 dari total nilai maksimal sebesar 100 atau setara dengan 87,53% dengan Klasifikasi Kualitas Penerapan GCG pada tahun 2013 juga adalah “SANGAT BAIK”.




Artikel Selanjutnya >

Copyright © 2015 Askrindo - Indonesia. All Rights Reserved