PT Bank Mandiri Tbk menggandeng PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) untuk menjamin portofolio kredit tanpa agunan (KTA) perseroan. Perjanjian kerja sama ditandatangani Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi dan Direktur Utama Askrindo Budi Tjahjono, di Jakarta, kemarin (Senin, 13/3).

Kemitraan itu memungkinkan Askrindo memberi penjaminan KTA atas risiko peristiwa yang menyebabkan debitur tidak dapat memenuhi kewajiban kepada Bank Mandiri. Skim penjaminannya ialah asuransi kredit konsumtif yang dimiliki Askrindo.

Menurut Tardi, sinergi strategis dua BUMN di bidang jasa keuangan ini sangat bermanfaat untuk menciptakan nilai tambah yang optimal bagi entitas masing-masing.

Dalam pelaksanaan kerja sama, jelasnya, Bank Mandiri akan menawarkan kepada calon debitur KTA berbagai produk penjaminan yang dimiliki rekanan Bank Mandiri, termasuk produk Askrindo. Selanjutnya, calon debitur bisa memilih produk penjaminan yang akan digunakan.

"Kami harap langkah ini juga dapat mendukung pencapaian target pertumbuhan KTA Bank Mandiri di kisaran 20%," ucapnya seperti dikutip dari siaran pers perseroan.

Portofolio KTA Bank Mandiri pada akhir 2016 tercatat Rp17,4 triliun. Jumlah tersebut tumbuh 23% dari tahun sebelumnya, dengan rasio kredit seret (non-performing loan/NPL) 0,77%.

Di hari sama, Bank Mandiri juga meneken kerja sama layanan perbankan bagi pegawai dengan PT Pupuk Indonesia. Kesepakatan sinergi tersebut ditandatangani Direktur Distribution Bank Mandiri Hery Gunardi dan Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia Achmad Tossin Sutawikara, di Gedung PT Pupuk Sriwidjaja, Jakarta.

Melalui layanan bertajuk Bank at Work yang dikembangkan khusus bagi perusahaan mitra Bank Mandiri, pegawai Pupuk Indonesia dapat memanfaatkan fasilitas dan produk perbankan dengan fitur lebih kompetitif. "Proses pengajuan fasilitas kredit dapat lebih mudah jika dibandingkan dengan fitur produk perbankan reguler," ungkap Hery.

Sementara itu, Tossin optimistis kolaborasi keduanya akan membantu Pupuk Indonesia dalam memenuhi kebutuhan layanan keuangan bagi pegawai.

- See more at: http://mediaindonesia.com/news/read/96302/askrindo-jamin-kta-mandiri/2017-03-14#sthash.ITmnH9gN.dpuf




Artikel Selanjutnya >

Copyright © 2015 Askrindo - Indonesia. All Rights Reserved