Jakarta (3 April 2016) – PT (Persero) Asuransi Kredit Indonesia atau PT Askrindo (Persero) pada tahun ini genap berusia 45 tahun atau tepatnya tanggal 6 April 2016. Dalam rangka memperingati hari jadinya tersebut, Dewan Komisaris, Direksi dan Karyawan/ti PT Askrindo bersama mitra kerja dan anak perusahaannya melakukan kegiatan Fun Walk pada hari Minggu (3/4), dengan berlokasi di depan Gedung Askrindo.
                         
Pada kegiatan tersebut Direktur Utama PT Askrindo, Antonius Chandra S. Napitupulu dan Komisaris Utama PT Askrindo, Suradji, berkesempatan untuk mengibarkan bendera Start sebagai tanda dimulainya Askrindo Fun Walk. Peserta yang berjumlah 1.000 orang tersebut menempuh perjalanan memutari wilayah Kemayoran sepanjang 5 Km dan finish di tempat yang sama.
 
Antonius Chandra mengungkapkan bahwa Askrindo Fun Walk ini merupakan kali kedua diadakan dalam memeriahkan HUT Askrindo. “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, akan dapat meningkatkan tali silahturahmi diantara karyawan juga mitra kerja, yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan produktifitas kerja”, tambahnya.
 
Tidak sekedar kegiatan olah raga saja, pada waktu yang bersamaan Askrindo juga melakukan Launching MoPi (Mobil Pintar). Mobil Pintar Askrindo ini adalah bagian dari kegiatan Bina Lingkungan yang diadakan dalam rangka meningkatkan dunia pendidikan khususnya bagi anak usia dini di wilayah Jakarta.
 
MoPi adalah Perpustakaan Keliling, yang dilengkapi dengan buku cerita, buku pengetahuan, perangkat Komputer, internet, multimedia dan alat permainan edukasi lainnya. Kegiatan dari Mobil Pintar Askrindo adalah :

  1. Program Parenting, memberikan edukasi kepada para orang tua murid
  2. Program Mendongeng untuk anak-anak Usia Dini dan siswa Sekolah Dasar, tujuannya adalah untuk memberikat nasehat dan pembelajaran melalui mendongeng.
Untuk pengoperasian MoPi, Askrindo bekerjasama dengan Sumbangsih Untuk Negeri (SUN) Foundation untuk mendekatkan fasilitas pendidikan ke tempat-tempat yang membutuhkan serta dapat membantu mewadahi komunitas belajar masyarakat serta mendorong tumbuhnya minat baca dan minat belajar. Diharapkan juga dapat menjangkau ke pelosok wilayah Jakarta yang belum bisa memperoleh akses buku bermutu yang masih jarang didapatkan.
 
“Mobil Pintar Askrindo ini sangat penting sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan yang dimulai sejak usia dini, Askrindo pada akhir tahun lalu telah memfasilitasi pendidikan bagi 1.200 guru PAUD di Jakarta” demikian ungkap Antonius Chandra mengakhiri percakapan.
 
PROFIL PERUSAHAAN
 
PT. (Persero) Asuransi Kredit Indonesia atau PT. Askrindo (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang Asuransi Umum, tidak dapat dipisahkan dari pembangunan ekonomi Bangsa dan Negara Republik Indonesia.
Berdiri tanggal 6 April 1971 berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 1/1971 tanggal 11 Januari 1971, untuk mengemban misi dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) guna menunjang pertumbuhan perekonomian Indonesia. Peran PT. Askrindo (Persero) dalam pemberdayaan UMKM adalah sebagai lembaga penjamin atas kredit yang disalurkan oleh perbankan kepada UMKM.
 
Saat ini PT. Askrindo (Persero) memiliki lima lini usaha yaitu Asuransi Kredit Bank, Asuransi Kredit Perdagangan, Surety Bond, Customs Bond, Kontra Bank Garansi dan Asuransi Umum. PT. Askrindo sejak tahun 2007 melaksanakan program pemerintah dalam rangka Inpres 6/2007 atau yang lebih dikenal sebagai penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
 
Askrindo senantiasa mengembangkan sayap usahanya untuk memberikan layanan yang prima, dengan didukung oleh Kantor Cabang berjumlah 60 Kantor yang tersebar di 34 Provinsi seluruh Indonesia.
 
KINERJA KEUANGAN
Terkait dengan kinerja keuangan, pada tahun 2015 PT. Askrindo menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan, terlihat dari Laba Setelah Pajak perusahaan di tahun 2015 mencapai sebesar Rp. 1,002 T atau setara dengan 100,2% dari target yang ditetapkan tahun 2015 sebesar Rp.1 T, meningkat 66,5% dari EAT Tahun 2014 sebesar Rp.667 M.
 
Pendapatan Underwriting Tahun 2015 sebesar Rp. 2,4 Triliun atau meningkat sebesar 20 % dari tahun 2014 sebesar Rp. 2 T. Sedangkan Hasil Investasi Tahun 2015 tercatat sebesar Rp. 649 miliar atau sebesar 28,6 % dari hasil Investasi tahun 2014 Rp. 505 miliar.
 
PT Askrindo juga mencatatkan plafond penyaluran KUR pada 2015 dengan jumlah yang dijaminkan mencapai Rp 11,9 triliun.  Sedangkan untuk premi penjaminan Non KUR (Asuransi Kredit dan Suretyship) pada tahun 2015 mencapai sebesar Rp 1,6 T atau melebihi anggaran tahun 2015 sebesar Rp 1,4 T.
 
Di tahun 2016, perusahaan menargetkan Laba Sebelum Pajak sebesar Rp. 1,5 T, untuk target IJP KUR 2016 sebesar Rp. 1,1 Triliun dan target Premi Non KUR secara Nasional adalah sebesar Rp 2,8 T. Total target gabungan IJP KUR dan premi Non KUR sebesar Rp. 3,9 Trilliun.




Artikel Selanjutnya >

Copyright © 2015 Askrindo - Indonesia. All Rights Reserved